Korem Garuda Dempo Maksimalkan Program Ketahanan Pangan

Palembang, terasnews.id – Korem 044/Garuda Dempo terus maksimalkan program ketahanan pangan supaya swasembada pangan semakin kuat.
Kepala Penerangan Korem 044 Garuda Dempo, Mayor Inf Aris Barunawan di Palembang, Jumat, mengatakan upaya memaksimalkan program ketahanan pangan itu, pihaknya rutin melaksanakan rapat koordinasi.
“Rapat koordinasi antara lain dengan Perum Bulog, yang dipimpin Danrem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Iman Budiman membahas serapan petani,” katanya.
Danrem mengatakan, bahwa program swasembada pangan nasional melibatkan Kodam II/Sriwijaya, dimana untuk Korem 044/Garuda Dempo telah ditetapkan target yang harus dipenuhi dalam serapan gabah petani.
“Jadi untuk dapat merealisasikan target tersebut upaya yang dilakukan dengan melibatkan Kodim jajaran Korem 044/Garuda Dempo melalui Babinsa yang tersebar di seluruh desa wilayah Kodim untuk melaksanakan pengawalan dan pendampingan upaya khusus,” ujarnya.
Hal itu sesuai dengan nota kesepahaman yang telah disepakati bersama, untuk mendukung bantuan personel dalam rangka membantu Bulog dalam penyerapan gabah petani, ujar Danrem.

Dia mengatakan, untuk dapat mewujudkan realisasi target tersebut maka pihaknya perlu mengetahui permasalahan ataupun kendala yang mungkin ada di lapangan.
Sehubungan itu, pihaknya terus melaksanakan rapat koordinasi dengan instansi terkait lainnya dalam meningkatkan swasembada pangan.
Selain itu, kata dia, dengan diketahui kendala yang dihadapi maka permasalahan secepatnya dapat diantisipasi.
Dia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari program serupa yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, dimana setiap tahun diadakan evaluasi serta diawali dengan rapat koordinasi.
Menurut Danrem, yang jelas rapat koordinasi ini dipandang perlu dilaksanakan untuk menindaklanjuti hasil rakor yang telah dilaksanakan.
Usai Rakor serapan gabah petani, dilanjutkan  pembekalan tehnis pelaksanaan cetak sawah baru 2018 di wilayah Korem 044/Gapo kepada para kepala pelaksana lapangan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 16 =