Ketua DPRD: Optimalkan Penyerapan Aspirasi Masyarakat

     Sampit, Kalteng, terasnews.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, diminta memanfaatkan reses untuk mengoptimalkan penyerapan aspirasi masyarakat guna peningkatan pembangunan di daerah itu, kata Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Jhon Krisli.
“Mulai pekan depan sudah memasuki masa reses. Kesempatan ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk menyerap aspirasi masyarakat. Segala usulan masyarakat akan diinventarisasi dan diperjuangkan,” katanya di Sampit, Jumat.
Sebanyak 40 anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur akan melaksanakan reses ke daerah pemilihan masing-masing. Kabupaten Kotawaringin Timur yang memiliki 17 kecamatan, dikelompokkan menjadi lima daerah pemilihan.
Ia menjelaskan bahwsa reses kali ini merupakan kegiatan perorangan. Masing-masing legislator akan turun ke daerah pemilihan mereka untuk memantau perkembangan pelaksanaan program pembangunan, sekaligus menyerap aspirasi masyarakat terkait dengan kebutuhan pembangunan di daerah masing-masing.
Menurut Jhon Krisli, masih banyak pembangunan yang harus dilakukan pemerintah demi kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Untuk itu, katanya, legislator perlu evaluasi di lapangan dan mendengar aspirasi masyarakat agar pembangunan yang direncanakan benar-benar berdasarkan kebutuhan dan membawa manfaat besar bagi warga.
Ia mengatakan bahwa peninjauan ke lapangan sebagai hal penting terkait dengan bahan evaluasi untuk pembahasan anggaran.
Terbatasnya anggaran setiap tahun, kata dia, membuat pelaksanaan pembangunan berdasarkan skala prioritas atas kepentingan masyarakat.
Jhon Krisli mengingatkan bahan penyusunan rencana pembangunan daerah tidak hanya didasarkan pada hasil musyawarah pembangunan yang diinisiasi pihak eksekutif.
Aspiras yang diserap legislator selama masa reses, katanya, juga menjadi bahan penting saat pembahasan pembangunan secara bersama-sama antara DPRD dan pihak eksekutif.
“Saya berharap masyarakat juga proaktif. Gunakan kesempatan ini. Sampaikan aspirasi kepada anggota dewan supaya menjadi bahan untuk diperjuangkan alokasi anggarannya,” katanya.
Jhon menegaskan komitmen DPRD untuk terus memperjuangkan aspirasi masyarakat.
“Temuan-temuan di lapangan disampaikan masyarakat akan menjadi bahan pembahasan program pembangunan,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =