Kemendag Dorong Pencapaian Pertumbuhan Ekspor 2017

Jakarta, Terasnews.id – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional terus mengupayakan sinergi antar-para pemangku kepentingan ekspor untuk mencapai target pertumbuhan ekspor nonmigas nasional sebesar 5,6 persen pada 2017.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam Forum Koordinasi Teknis (FKT) Pengembangan Ekspor Pusat, Daerah, serta Perwakilan Perdagangan (ITPC) di Luar Negeri Tahun 2017 mengatakan bahwa forum tersebut secara khusus diarahkan untuk membahas perkembangan kinerja ekspor Indonesia ke pasar global.

“Selain itu, juga melihat kembali efektivitas strategi terkait kondisi perkembangan ekonomi global serta perilaku konsumen di setiap negara akreditasi perwakilan,” kata Enggartiasto di Jakarta, Rabu.

Melalui FKT tersebut, lanjut Enggartiasto para pelaku ekspor dan pemangku kepentingan dapat saling menyamakan persepsi sekaligus berkoordinasi agar terjalin secara sinergi, terintegrasi, serta berkesinambungan.

Dalam penyelenggaraan FKT Pengembangan Ekspor kali ini, para pelaku usaha diberikan kesempatan untuk menyampaikan kendala dan perkembangan informasi seputar kegiatan ekspor secara langsung. Diharapkan solusi dan perbaikan melalui instrumen kebijakan perdagangan maupun fasilitasi promosi dan pemasaran di luar negeri dapat lebih tepat sasaran.

“Dengan berbagi pengalaman yang menarik di antara para pelaku ekspor di tengah persaingan yang sangat kompetitif ini justru dapat memberikan manfaat kepada para pelaku usaha,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Arlinda.

Arlinda menambahkan, para pelaku usaha tersebut bisa mendapatkan masukan untuk melakukan penetrasi pasar ekspor atau strategi bernegosiasi dan bermitra dengan buyer.

Selain itu, juga membuka ruang guna mengoptimalkan keragaman potensi yang ada dari setiap provinsi di Indonesia untuk dipromosikan ke pasar global.

Dinas provinsi yang membawahi sektor perdagangan dari seluruh provinsi di Indonesia juga dapat memanfaatkan pertemuan bisnis dengan perwakilan perdagangan di luar negeri untuk membantu promosi produk unggulan dari daerahnya masing-masing.

Pada FKT itu hadir antara lain oleh kepala dinas yang membawahi sektor perdagangan dari 34 provinsi di Indonesia, para Wakil Kepala ITPC dari 19 ITPC di luar negeri, Ketua Umum Kadin Indonesia, Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), dan para pelaku usaha berorientasi ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 8 =