Kemenag Banyuasin Instruksikan Setiap Masjid,Musolah Baca Qunut Nazilah

BANYUASIN,SUMSEL,terasnews.id-Menyikapi aksi pembantaian militer Myanmar yang menewaskan ribuan etnis muslim Rohingya, Kepala Kantor Kementerian Agama Banyuasin menginstruksikan setiap masjid dan musholah melakukan Sholat Ghaib dan mmebaca qunut nazilah setiap usai sholat lima waktu.

Kepala Kemenag Banyuasin,  Abadil Tarmudi mengatakan, kelakuan biadab yang dilakukan oleh militer Myanmar sudah di luar batas kemanusian.

Untuk itu sebagai saudara seiman dan selaku bangsa yang beradab, harus mengambil peran menghentikan pembantaian itu. Minimal dengan memberikan bantuan dana dan berdoa. “Sejak seminggu lalu kami telah menginstruksikan kepada seluruh masjid, musolah di Banyuasin agar melakukan sholat gaib. Serta membaca qunut nazilah di setiap hari setiap sholat lima waktu, sampai penindasan di sana berhenti,” katanya.

Dia melanjutkan, serangan yang dilakukan oleh tentara Myanmar terhadap umat Islam di Rihingya tidak bisa dibiarkan. Apalagi dengan melakukan pembunuhan pembakaran tempat tinggal dan rumah ibadah. “Persoalan yang menimpa umat Islam Rohingya merupakan tragedi semua umat Islam di dunia, dan oleh karenanya kami mengajak umat Islam untuk ikut peduli terhadap persoalan tersebut,” katanya.

Namun, dia juga mengingatkan agar umat islam tidak terprovokasi dengan melakukan tindakan anarkis. “Jangan sampai konflik di Myanmar sana membuat kerukanan umat beragama di sini menjadi terganggu. Malahan ini harus kita jadikan pelajaran agar tetap saling menghormati dan menghargai antar umat beragama,” katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, himbauan Kemenag tersebut telah dilaksanakna di masjid-masjid Banyuasin hampir setiap sholat lima waktu dilakukan Qunut Nazilah, seperti hari ini, Rabu (6/9) 2017 di Masjid Agung Al-Amir Komplek Perkantoran Pemkab Banyuasin waktu  sholat Zuhur sesudah rukuk sebelum sujud dilakukan Qunut Nazilah yang dipimpin imam besar Masjid Agung Al-Amir, Taharudin Sakyan.
“Sudah dua- tiga hari kami melakukan Qunut Nazilah, “ujarnya.

Tadi usai Sholat Zuhur, tambahnya diadakan sholat Gaib untuk muslim Rohingya yang meninggal karena pembantaian Myanmar.(Bio/Lubis)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 8 =