Karnaval HUT RI 72 Pukau Masyarakat

BANYUASIN, SUMSEL, terasnews.id- Karnaval memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 72 dan Hari Jadi Kabupaten Banyuasin ke 15 yang diselenggarakan Pemerintah Kecamatan Banyuasin III berlangsung meriah dan memukau masyarakat yang menonton kegiatan tahunan ini,Jumat (18/8/2017).

Karnaval yang diikuti para pelajar mulai dari Taman Kanan-Kanak,Sekolah  Dasar, SMP,SMA,SMK dan MA serta umum menampilkan beraneka macam peragaan mulai dari meriam,drumband,baju adat hingga busana daerah yang cukup unik dan mengundang decap gakum para penonton.

Banyak diantara peserta menunjukan kebolehan seperti perguruan kuntau sholihin  dan ikatan masyarakat minang yang menunjukan tarian piring.

Kegiatan ini mengambil star dari lapangan Munai Serumpun, melintasi Jl Cahaya Berlian,Jl Merdeka,JL Thalib Wali, Cahaya Intan dan finist Kembali ke Lapangan Munai Serumpun.

Seperti SMA Negeri I Banyuasin III juga menampilkan proses perjuangan merebut kemerdekaan yang ditunjukan meriam dan bambu runcing hingga proses pembangunan dengan ditandai berbagai prestasi.

MAN Pangkalan Balai menampilkan kapal perang lengkap dengan anak buah kapal yang terdiri dari angkatan laut dan angkatan darat.

SDN 41 Plus Banyuasin III menampilkan drum band  dan kreasi lainnya. Sedangkan SDN 12 Banyuasin III diantaranya menampilkan pakaian mirip suku asmat Irian Jaya. Dengan karnaval ini, ruas jl Merdeka Pangkalan Balai macet, ratusan kendaraan nampak terjebak macet.

Camat Banyuasin,  III Ir Alpian,MM mengatakan,  karnaval ini merupakan rangkaian kegiatan yang diadakan dalam memeriahkan HUT RI ke 72 dan Hari Jadi Kabupaten Banyuasin ke 15.

“Selain karnaval,ada pertujukan seni,hingga gerak jalan. Ini agenda tahunan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan,”katanya.

Menurut Alpian, karnaval ini  diikuti 50 peserta terdiri dari  16 TK/PAUD, 12 regu SD/MI, 5 regu SMP/Mts, 8 regu SMA/MA/SMK dan 9 regu dari umum. “Setiap regu dibatasi 100 orang, artinya yang mengikuti karnaval ini sekitar 5.200 orang ditambah oficial,”katanya.

Alpian berharap, melalui karnaval ini masyarakat mengingat kembali dan memetik nilai sejarah dalam merebut kemerdekaan. “Sebagai generasi sekarang tugas kita mengisi kemerdekaan dengan prestasi,”katanya.

Bupati Banyuasin SA Supriono menyambut  baik kegiatan karnaval ini. Balon bupati Banyuadin 2018 ini,  minta acara ini tahun kedepan lebih meriah dan lebih kreatif lagi.

“Karnaval ini selain hiburan bagi masyarakat tetapi juga sebagai bentuk untuk mengingat kembali kisah perjuangan dalam merebut kemerdekaan,”katanya.

Tugas kita, pada dasarnya, ujar Supriono  adalah menjaga,merawat dan mengisi pembangunan agar negeri ini makin jaya rakyat makmur dan sejahtera. “Berbuatlah yang terbaik dengan profesi yang kita emban saat ini,”tutupnya.(Maulid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × four =