Kapolres Apel Operasi Patuh Musi

Lahat, terasnews.id – Bertempat di halaman kantor Polres Lahat, Kamis (29/8/2019) pukul 08.00 WIB jajaran Polres Lahat melaksanakan apel pasukan operasi patuh musi 2019.

Dalam persiapan apel tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, lalu lintas dan angkutan jalan demi mewujudkan kamtibcarlantas.

Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK MSi didampingi Waka Polres Lahat Kompol Budi Santoso Ssos yang bertindak selaku pemimpin menyampaikan, dengan digelarnya apel pasukan gabungan operasi patuh musi 2019 demi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Turut hadir dalam persiapan operasi patuh musi 2019 itu, Wabup Lahat H Haryanto SE MM MBA, Dandim 0405 Lahat Letkol inf Sungudi SH, Wakil ketua Pengadilan Negeri Lahat, Kepala Jasa Raharja Lahat, Kepala Dinas Perhubung Lahat,Kepala Subdenpom Lahat, para Kabag, Kasat dan seluruh Perwira Polres Lahat serta tamu undangan lainnya.

Dalam amanat Kapolda Sumsel yang dibacakan Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK MSi dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap UU No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan guna mewujudkan Kamtibcarlantas serta sesuai surat telegram Kapolri nomor ST/2101/VIII/ OPS 2019 Tanggal 12 agustus 2019 tentang rencana garis besar operasi kepolisian kewilayahan Patuh jaya 2019 Polda Sumsel.

Maka dari itu, kata Kapolres Lahat, Ditlantas Polda Sumsel menggelar Operasi Patuh Musi tahun 2019 selama 14 hari terhitung dari tanggal 29 agustus s/d 14 september 2019.

Apel gelar pasukan operasi patuh musi 2019 dengan tema meningkatkan propisionalisme Polantas penggerak revolosi mental pelopor tertib berlalulintas diruang publik untuk mewujudkan kamseltibcar lantas yang mantab.

Untuk sasaran operasi diantaranya, tidak menggunakan Helm SNI, melawan arus, menggunakan handpon saat berkendaraan, berkendara dibawah pengaruh alkohol, melebihi batas kecepatan, berkendara dubawah umur, tidak menggunakan sabuk keselamatan, dan, menggunakan lampu rotator/strobo.

Termasuk, sambung Kapolres, maksud dan tujuan operasi Patuh Musi untuk mengurangi dan mencegah pelanggaran berlalulintas dan menurunkan angka kecelakaan di jalan raya.

“Hal tersebut merupakan kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan (Stake Holder) bidang lalu lintas menjadi sangat mendasar dalam menemukan masalah dengan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak,” ungkap Kapolres Lahat dalam pidatonya.

Pasukan upacara dalam gelar pasukan terdiri dari Pleton Lantas, Pleton Dalmas, Pleton Staf gabungan, Pleton Reserse/Intel, Pleton TNI, dan Pleton LLAJ . sebelum menerangkan amanatnya, Kapolres melakukan Penyematan pita tanda operasi . (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − eight =