Hujan Petir Berpotensi Di Alor Dan Flotim

Kupang, terasnews.id –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang memprediksi, hujan disertai petir berpotensi terjadi di Kabupaten Alor dan Flores Timur pada Jumad, (20/7).
Di dua wilayah ini, cuaca di malam hari cerah-cerah berawan-berawan dan dini hari cerah berawan, demikian informasi prakiraan cuaca wilayah NTT untuk Jumat, 20 Juli 2018, yang diterima Antara di Kupang, Kamis.
Selain hujan disertai petir pada dua wilayah ini, sejumlah wilayah di provinsi berbasis kepulauan itu juga berpotensi hujan ringan.
Potensi hujan ringan berpotensi terjadi di Betun, Oelamasi Kabupaten Kupang, Ende, Bajawa, Ruteng, So’e dan Atambua Kabupaten Belu.
Potensi hujan ringan juga berpotensi terjadi di Mbay dan Ruteng, Manggarai.
Suhu udara di Ruteng dan Bajawa ini berkisar 15-25° celsius dan kelembapan udara 55-95 persen-angin bertiup dari Timur-Tenggara dengan 20-30 km/jam.
Gelombang tinggi
BMKG juga memperingatkan potensi gelombang setinggi 2-3,5 meter di Wilayah perairan NTT bagian selatan hingga barat.         Potensi gelombang setinggi 3,5 meter terjadi di  perairan Selat Sumba, perairan Selatan Pulau Sumba dan Samudera Hindia Selatan NTT.
Gelombang setinggi 3.0 meter meter berpotensi terjadi di wilayah perairan Laut Sawu.
Sementara potensi gelombang setinggi 2.5 meter terjadi di Selat Sape.
Potensi gelombang setinggi 2.0 meter di perairan Selatan Kupang hingga Pulau Rote dan Laut Timor, Selatan Nusa Tenggara Timur.
Karena itu, masyarakat terutama nelayan dan kapal-kapal kecil harus waspada.
Potensi gelombang ini bisa mencapai dua kali lipat dari prakiraan BMKG.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 14 =