Harnojoyo : Kami Siap Wujudkan Palembang Emas Darussalam

Palembang , terasnews.id – Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Palembang serah terima jabatan dari PJ Walikota ke Walikota dan Wakil Walikota Terpilih 2018-2023 serta penyampaian visi dan misi Walikota, Rabu (19/09/2018).

Dalam pidato visi dan misi Walikota periode 2018-2023 Harnojoyo mengatakan, syukur Alhamdulilah 18 September dirinya dan ibu Fitrianti Agustinda telah dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Palembang. “Terima kasih kepada semua pihak  teritama Pj Walikota dan  DPRD Kota,  Ketua Panwaslu,  KPU Palembang dan  Pengamanan dari Polri dn TNI yang telah mensukseskan Pilkada.  Terima kasih kepada masyarakat Palembang yang telah mempercayai kami berdua memimpin Palembang 2018-2023,” ujarnya.

Harnojoyo menuturkan,  Pilkada Palembang telah dilaksanakan 27 Juni.  “Kami ditetapkan Walikota dan Wakil Walikota terpilih.  Kami memiliki visi  mewujudkan Palembang Emas Darussalam 2023,” katanya.

Untuk misi lanjut Harnojoyo,  mewujudkan pembangunan infrastruktur perkotaan berbasis teknologi dan informasi,  mewujudkan masyarakat religius,  berbudaya dan beretika.  “Misi selanjutnya adalah mewujudkan Kota Palembang kota dinamis,  mewujudkan ekonomi kerakyatan dan menjadikan Palembang Kota Pariwisata sungai dan budaya serta even olahraga kelas dunia,” bebernya.

Harnojoyo menjelaskan,  prioritas pembangunan Kota Palembang 2018-2023 yakni penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kualitas dan pelayanan pendidikan dan kesehatan. Kemudian,  peningkatan kualitas kualitas infrasteultur dan penataan ruang kota, eningkatan kesejahteraan sosial serta keaetaraan dan keadilan gender,  serta peningkatan kualitas perencanaan berbasis teknologi dan informasi.

“Visi dan misi itu kami buat 2 program unggulan yakni gerakan sholat subuh berjemaah dan gerakan gotong royong masyarakat. Perwali gerakan sholat subuh bersama telah ditandatangani. Untuk gotong royong kita ajak masyarakat tidak buang sampah sembarangan. Perilaku masyarakat kita kita rubah. Impelemtasi kedua program unggulan inilah yang menghantarkan alembang terbaik dalam perencaan oleh Bapenas RI.  Kedua program ini mampu merangkul masyarakat.  Program inovasi daerah yang diapresiasi pemerintah pusat,” bebernya.

Harnojoyo mengungkapkan,  pihaknya fokus membahas visi dan misi ini ke RPJMD menjadi Raperda.

“Kami siap mengembang masyarakat Palembang selama 5 tahun kedepan.  Karena kita semua bersaudara,  mari kita wujudkan Palembang Emas Darussalam 2023,” katanya.

Sementara itu,  Pidato Pj Walikota Palembang yang juga mewakili Gubernur Sumsel Akhmad Najib mengatakan,  dirinyaselama 6 bulan menjadi Pj telah meneruskan program Pak Harnojoyo.   “Banyak yang diraih Pemkot Palembang diantaranya   juara umum MTQ Sumsel,  terbaik pertama pembangunan daerah dari Gubernur.

Pengharaagn dengan perencanaan dan pembangunan terbaik dalam musrembang 2018 yang penghargaannya diberikan Presiden,  Adipura kencana, pemilukada berjalan aman dan lancar. Bahkan kita sukses melaksanakan Asian Games 2018,” bebernya.

Kedepan Najib berharap Palembang lebih maju lagi. “Palembang   punya LRT,  jembatan musi,  dan Jakabaring Sport City (JSC).  Bangsa lain memuji fasilitas JSC yang kita punya.  Kita dukung program Pak Harnojoyo kedepan.  Semoga sukses memimpin Palembang,” tandasnya.

Wakil Ketua DPRD Palembang M Adiansyah mengatakan,  pihaknya berharap RPJMD betul betul dapat teralisasi,  dan dapat dibahas di pansus. “Visi adalah pelaksanaan teknis dari kebijakan tersebut.

Penyusunan RPJMD ini sangat berhubungan langsung dengan dinas.  Jadi sebelum RPJMD dimasukan ke pansus dan badan legislasi dapat dimatangkan di OPD.  Tolong kehadirannya pak kepala dinas saat pembahasan RPJMD,” ucapnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Palembang Darmawan menambahkan,  RPJMD ini memuat  janji politik. Sehingga harus ada perkembangan dari setiap program yang dibuat,  sehingga terlihat hasilnya 5 tahun kedepan.

“Terima kasih kepada Dr Ahkmad Najib SHMH selama pengabdiannya PJ Walikota Palembang.  Karena roda pemerintahan Kota Palembang berjalan proposional dan berjalan lancar, ” pungkasnya.  (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + eighteen =