Harga Bawang Merah Petani Cirebon Anjlok

Cirebon, terasnews.id – Harag bawang merah ditingkat petani Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terus anjlok, bahkan saat ini komoditas tersebut hanya dihargai Rp5.000-9.500 per kilogramnya dengan kondisi tersebut membuat petani merugi.
“Sekarang ini harga bawang memang terus turun, bahkan kami menjualnya hanya Rp5.000 per kilogram untuk bawang biasa,” kata seorang petani bawang asal Desa Karangwangun Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon, Abung di Cirebon, Kamis.
Dia mengtakan bawang merah sekarang ini hampir tidak laku, karena para tengkulak pun tidak ada yang tertarik untuk membeli.
Petani kata Abung harus menjual kepada para tengkulak dikisaran Rp5.000 untuk bawang biasa, kemudian bawang kualitas sedang dihargai Rp6.000 dan yang tinggi dikisaran Rp8.000 sampai 9.500 per kilogram.
“Kadang malah para tengkulak tidak mau membeli, alasan mereka terus merugi, padahal yang jelas rugi banyak ya petani,” tuturnya.
Dengan anjloknya harga bawang yang sudah berlarut-larut itu petani tidak mengharap banyak dari pemerintah, mereka hanya ingin bawang merah bisa kembali untuk menghidupi keluarga dan para pekerjanya.
Sementara itu petani lain Wasirudin mengatakan dengan anjloknya harga bawang membuat para petani berfikir kembali, karena sudah hampir dua tahun harga bawang tidak berpihak ke petani.
“Sudah dua tahun ini harga bawang terus turun dan tidak pernah merasakan hasil, untuk itu jelas kita akan berfikir ulang untuk menanam lagi,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 1 =