Gubernur Minta Basarnas Pusatkan Kekuatan Di Makassar

Makassar, terasnews.id – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo meminta Badan SAR Nasioanal (Basarnas) memusatkan kekuatannya di Makassar.
“Kekuatan Basarnas jangan hanya di Jawa saja, tetapi di daerah lain yang strategis seperti Makassar yang berada di tengah-tengah Indonesia, dan menjadi daerah utama di Kawasan Timur Indonesia,” kata Syahrul di Makassar, Kamis.
Menurut Syahrul, Indonesia luasnya sebanding dengan 20 negara yang ada di Benua Eropa, sehingga dengan luas seperti itu dan beragam variasi kontur menjadi tantangan tersendiri ketika terjadi bencana pada level tanggap darurat.
Salah satu yang menjadi tantangan jika bencana terjadi di daerah sulit dan jauh dari lokasi pusat Basarnas, sehingga hal ini menyebabkan waktu tempuh bertambah, biaya lebih tinggi, respon dan waktu evakuasi lebih lama.

Bahkan,  kata Syahrul, kawasan Timur Indonesia cukup luas, dan ke depan peranannya bagi  kepentingan nasional semakin penting karena di bagian timur Indonesia ini terdapat sembilan ribu pulau dan lima ribu sungai, serta 27 pegunungan tinggi.
“Ketika terjadi bencana, kadang daerah tidak mampu melakukan upaya pencarian dan pertolongan sendiri, di sinilah posisi penting Basarnas menjadi kekuatan negara,” ujarnya.
Secara strategis, kata Syahrul, Makassar berada di tengah-tengah Indonesia, dan terlalu jauh, kalau semua kegiatan Basarnas berada di Jawa.
Sebelumnya, Syahrul menghadiri acara Jamuan Makan Malam Basarnas di Makassar, Rabu (28/3). Dalam kesempatan tersebut, hadir Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M Syaugi, yang bersilaturahim dan melakukan kunjungan kerja di Kantor SAR Makassar. SAR Makassar adalah bagian dari 38 Kantor Basarnas di Indonesia.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 8 =