Gubernur Lemhannas Nyatakan Cik Ujang Lulus P3DA X

Lahat, terasnews.id – Setelah dua bulan meninggalkan Kabupaten Lahat, ternyata membawa aura baru. Tidak itu saja, dari 37 peserta salahnya Bupati Lahat Cik Ujang SH yang dinyatakan lulus dalam mengikuti Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) X.

Kegiatan P3DA X yang dilaksanakan di Ruang Dwi Warga Gedung Panca Gatra, ditutup secara resmi oleh Gubernur Lemhannas RI, pada Rabu (20/11/2019). Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI Karsiyanto.

Dalam laporannya Karsiyanto menegaskan, Alhamdulillah pelaksanaan Pendidikan P3DA X sejak Tanggal 24/11/2019 sampai dengan 20/11/2019 dapat berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

“Jadi, sebanyak 37 peserta kita nyatakan lulus dan bukti ijazah langsung kita berikan.  Proses belajar alumni P3DA X adalah untuk memantapkan wawasan pengetahuan dan sikap mental para alumni dalam memimpin masyarakat di daerah,” tambah Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Pur) Agus Widjojo dalam pidatonya.

Diharapkan dengan selesainya pendidikan ini kata Agus Widjojo, agar materi materi yang telah diberikan dapat memperkaya pengetahuan dan memecahkan persoalan-persoalan di Daerah.

Ia juga berpesan, kiranya para Alumni P3DA X yang merupakan Pimpinan Tingkat Daerah, harus mampu menjadi Pemimpin Daerah yang bermoral, etika lebih baik lagi, dan paham tentang wawasan Kebangsaan serta mampu mengatasi permasalahan di Daerah.

“Semoga dengan bekal wawasan yang telah diberikan selama dua bulan kepada para Alumni P3DA X, Lemhannas RI menaruh harapan besar kepada seluruh alumni P3DA X. Lemhannas RI berharap mampu mengimplementasikan seluruh ilmu pengetahuan dan wawasan yang diperoleh,” tambahnya.

Selama mengikuti Program Lemhannas, ditegaskan Agus Widjojo, walaupun dua bulan banyak pengetahuan yang didapat dari pendidikan tersebut, pemahaman dan cara berpikir yang komprehensif, integral, holistik, dan sistemik.

“Nah, bekal inilah yang harus dijadikan acuan dalam penyusunan berbagai kebijakan dan mencari solusi permasalahan sesuai dengan spesifikasi daerah masing-masing. Alumni P3DA X untuk memanfaatkan keberadaan Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL),” pesannya.

IKAL dijelaskannya, jadikan sebagai wadah wadah dan forum komunikasi maupun silaturahmi di antara para Alumni, untuk membangun jejaring kerja yang bermanfaat dalam pengabdian alumni bagi keutuhan dan kesatuan bangsa,” pungkas Agus Widjojo.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar menyampaikan bahwa sebagai sebuah organisasi, IKAL memiliki dua ciri yakni berwatak pejuang dan berwawasan Negarawan.

Sedangkan, berwatak pejuang maksudnya yakni, para Alumni Lemhannas RI harus selalu peduli terhadap perkembangan kondisi dan situasi bangsa, anggota IKAL tidak boleh apatis atas hal yang terjadi pada bangsa. Lalu, berwawasan Negarawan maksudnya, apapun yang anggota IKAL pikirkan dan katakan harus berorientasi pada kepentingan Bangsa dan Negara.

“Anggota IKAL memang sangat majemuk, ada pejabat negara, anggota ormas, maupun anggota LSM. Tetapi ketika berbaju IKAL dan duduk dalam naungan IKAL maka kepentingan yang diangkat ke permukaan adalah kepentingan Bangsa dan Negara, bukan kepentingan Individu atau kelompok,” ucap Agum.

Dirinya juga menghimbau, agar Alumni P3DA X yang sudah menjadi anggota IKAL untuk melaksanakan tugas di daerah dengan menjadikannya sebagai panggung pengabdian untuk kepentingan bangsa dan negara. Alumni P3DA X untuk menerima jabatan sebagai kehormatan dan kepercayaan.

“Semisalnya, ketika saudara-saudara menerima kepercayaan, tekadkan dalam hati untuk berusaha agar tidak mengecewakan kepercayaan dan kehormatan tersebut dan benar benar dapat menjaga dengan sebaik mungkin,” pesannya.

Sementara Istri Bupati Lahat Lidya Wati Cik Ujang Minggu (24/11/2019) menyampaikan, kesan selama menemani suaminya banyak mendapat pelajaran yang berharga terutama 9 hari terakhir di Lemhannas.

“Ini merupakan Program Pemantapan Pimpinan Daerah X (P3DA) saya menemani dan mengikuti suami mendapatkan pembekalan serta pembelajaran dari Lemhanas RI yang diikuti Bupati Lahat Cik Ujang begitu banyak ilmu yang di dapat, begitu banyak persahabatan yang terjalin dan begitu banyak suka duka dan cerita yang di share saat bersama dengan peserta lainnya,” tegas Lidya Wati.

Mengikuti Program Lemhannas ini sambung Lidya Wati, terkesan seperti balik lagi dimasa sekolah, juga kuliah ilmu tidak pernah habis dan tidak ternilai harganya. berbagai problem isu di daerah kita bahas bersama yang ternyata Notabene kebanyakan sama mulai dari masalah stunting, ketahanan dalam keluarga, pemanfaatan media sosial, etika, kesehatan masyarakat, komunikasi dan pembekalan pendampingan suami dalam melaksanakan kegiatannya selaku kepala daerah.

“Setidaknya, berbagai bekal yang didapat untuk kita terapkan kepada masyarakat. Namun yang terpenting adalah memahami  dasar negara yaitu pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka tunggal ika. Insyaallah dengan memahami dan menerapkan nilai nilai yang terkandung di dalamnya akan tercipta keberhasilan pembangunan dan masyarakat yang sejahtera aman dan damai,” ujarnya, seraya menambahkan Alumni Lemhanas RI Agum Gumelar jaga kekompakan dalam  sistem pemerintahan Daerah untuk ketahanan daerah dan ketahanan Nasional. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =