Gubernur Baru Harus Mereformasi Birokrasi

Kupang, terasnews.id – Pengamat Hukum Tata Negara Universitas Nusa Cendana (Undana), Dr John Tuba Helan mengatakan, gubernur baru harus melakukan reformasi birokrasi mulai dari kelembagaan sampai pada aparatur pelayanan.
“Jika birokrasi ditata dengan baik dan menempatkan orang orang yang memiliki integritas baik, maka di situlah upaya pemberantasan atau pencegahan korupsi,” kata Tuba Helan kepada Antara di Kupang, Selasa.
Dia mengemukakan hal itu, ketika diminta pandangan seputar debat calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023 tahap kedua yang akan digelar Selasa, (8/5) malam di Jakarta.
Debat kedua yang diikuti empat pasangan calon ini mengambil tema  “Reformasi Birokrasi dan Pemberantasan Korupsi”.
Dia mengatakan, persoalan birokrasi dan pemberantasan korupsi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Karena itu, menurut dia, tema debat kedua para calon pemimpin NTT lima tahun ke depan ini sangat menyentuh dengan kondisi yang dihadapi bangsa akhir-akhir ini.
Dalam hubungan dengan itu, maka empat pasangan calon yang berdebat harus benar-benar bisa memanfaatkan momentum debat untuk menyampaikan visi misi dan program berkaitan penataan birokrasi dan pemberantasan korupsi, katanya.
Dia mengatakan, jika birokrasi ditata dengan baik dan menempatkan orang-orang yang memiliki integritas baik, maka di situlah upaya pemberantasan atau pencegahan korupsi.
Namun jika pemimpin dalam menempatkan pejabat dengan ada unsur KKN, maka tentu dalam pelaksanaan tugas, pejabat itu pasti KKN.
Artinya, harus dimulai dari reformasi birokrat dengan penempatan SDM tanpa KKN, maka pemerintahan yang berjalan juga pasti tanpa KKN, kata mantan Ketua Ombudsman Perwakilan NTB-NTT ini.
Dalam acara debat yang akan disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi INews itu, akan diikuti empat pasangan calon yakni Esthon L Foenay-Christian Rotok (Esthon-Chris), Marianus Sae Emilia Nomleni (MS-Emi), Benny K Harman-Benny A Litelnoni(Harmoni) dan Viktor Bungtilu Laiskodat-Joseph Nae Soi(Victory-Joss).(anajs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =