Gelorakan Nasionalisme Siswa

Palembang , terasnews.id – Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol INF Honi Havana kembali menggelorakan semangat dan jiwa nasionalisme siswa dari berbagai sekolah di luar maupun di Kota Palembang.

Letkol INF Honi Havana mengatakan,  pihaknya motivasi nasionalisme digelorakan Dandim dalam kegiatan National dengan fokus Indonesia Independent Fest Kemanunggalan TNI-Rakyat untuk mencegah  radikalisme

“Seperti Pahlawan I Gusti Ngurah Rai, meski beragama Hindu dan berasal dari Bali, dia berjuang bukan utk kepentingan  orang Bali dan agama Hindu semata. Tapi berjuang dengan tulus untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara Indonesia. I Gusti Ngurah Rai tidak mementingkan kelompoknya atau agamanya, namun dia rela mengorbankan nyawa, jiwa dan raga hanya untuk bangsa Indonesia,” ujarnya dalam acara pembukaan lomba paduan suara lagu perjuangan siswa SMP,  SMA dan SMK negeri dan swasta di atrium OPI Mall,  Kamis (09/08/2018)

Honi menjelaskan,  begitu juga dengan Jenderal Besar Sudirman yang dengan gagah berani memimpin perang gerilya. Jenderal Sudirman juga mengorbankan jiwa dan raganya tdk untuk kepentingan sekelompok golongan atau agama namun semata  untuk keselamatan bangsa Indonesia.

“Pembelajaran yang bisa diambil dari perjuangan para pahlawan kita yaitu mereka berjuang dengan tulus dan ikhlas serta tidak mementingkan kelompoknya dalam merebut kemerdekaan. Selalu bersatu dan tidak terpecah belah,” terangnya.

Sementara itu, kegiatan National Is Me, Indonesia Independent Festival  mengangkat tema “Dengan Kemanunggalan TNI-Rakyat, kita Cegah Tangkal Radikalisme”  menyelenggarakan berbagai perlombaan seperti Festival Paduan Suara tingkat SMP-SMA, Merah Putih Fashion Competition kategori usia 10 tahun ke atas, Lomba Melukis Kejuangan dan lomba Nasionalisme Talent Fest kategori usia 4-9 tahun dan 10 tahun ke atas.

“Saya berharap acara ini dapat menumbuhkan semangat persatuan dan pantang menyerah para Pejuang dapat diwarisi para generasi muda,” pungkasnya.  (yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =