Empat PANSUS DPRD MUBA Sampaikan Hasil Pembahasan LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2017

SEKAYU,MUBA –terasnews.id- Setelah melakukan pembahasan dan penelitian terhadap LKPJ Bupati Tahun 2017, Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin secara resmi menyampaikan laporan hasil pembahasan dan penelitian terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Muba tahun anggaran 2017.

Rapat paripurna masa Persidangan I Rapat Ke-VII itu dipimpin Wakil Ketua III DPRD Muba Edy Herianto, S.H., dan dihadiri secara langsung Plt Bupati Muba Beni Hernedi di Ruang Rapat Paripurna DPRD Muba, Senin (5/3/2018).

Secara umum penyampaian laporan penelitian dan pembahasan oleh empat pansus tersebut, berisi tentang catatan strategis, saran, masukan dan koreksi terhadap penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Muba.

Dalam kesempatan itu, Juru Bicara dari Pansus I Ismawati, S.E., dalam laporannya mengkritisi Camat-camat yang ada di Kabupaten Muba lebih menghargai undangan dari Pansus, mengingat pentingnya komunikasi dan informasi dari kecamatan yang dapat disampaikan kepada DPRD Kab. Muba.

“Kami juga menghimbau, agar kedepan seluruh kecamatan yang ada di Muba dapat menggali potensi daerahnya masing-masing untuk dijadikan icon-icon yang ada di kecamatan, dan ini bias menjadi peluang sumber pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Muba,” tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya menegaskan bahwa yang terpenting sikap proaktif dan kooperatif bagi Pemerintah Kecamatan hingga ke Pemerintah Desa, agar selalu memberikan data akurat tentang data kependudukan kepada pihak kabupaten, dan kedepan sebelum pembahasan anggaran agar kecamatan melakukan koordinasi/rapat pra anggaran dengan komisi terkait sehingga apa yang dibutuhkan kecamatan dapat di akomodir dengan optimal.

“Catatan umum, kami mengapresiasi terhadap prestasi yang telah diraih oleh Pemkab Muba, dan menuju tata kelolah pemerintah yang baik, pemerintah juga diminta untuk selalu update data,” imbuhnya.

Sementara, Suprihatin selaku Juru bicara Pansus II DPRD Kabupaten Muba, menyampaikan beberapa saran diantaranya, terkait pemanfaatan anggaran untuk dapat dipergunakan sebaik mungkin, dan melakukan sosialisasi serta informasi kepada masyarakat melalu baik melalui media cetak, elektronik, maupun media online.

Selanjutnya, Ziadatulher Juru Bicara Pansus III menambahkan, saat menyampaikan laporan hasil pembahasan LKPJ Bupati Muba TA 2017 terhadap kinerja Pemerintah Daerah khususnya di bidang-bidang perencanaan, pembangunan, SDA, PU dan Tata Ruang, Tata Kelola, Perumahan Rakyat, Kebersihan dan Pertamanan, Lingkungan Hidup, dan Perhubungan menghimbau agar Pemda dapat meningkatkan kualitas SDM kedepannya.

“Kami dari Pansus III DPRD Muba, kedepannya agar Pemda dapat menempatkan Tenaga Ahli sesuai dengan bidangnya,  dan bagi OPD terkait agar lebih optimal dalam meningkatkan kinerjanya, sehingga apa yang telah diprogramkan dan dibahas dalam Rencana kerja kedepan akan lebih optimal,” pungkasnya.(js/akbar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =