Dua Nagari Kembangkan Olahraga Dengan Dana Desa

Padang Aro, terasnews.id – Dua nagari atau desa adat di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mengembangkan fasilitas olahraga dengan menggunakan dana desa dalam upaya memajukan keolahragaan di daerah itu.
Wali Nagari Lubuk Gadang Selatan Ari Hendratno di Padang Aro, Rabu, menyebutkan pihaknya telah menganggarkan pembelian peralatan olahraga dirgantara gantole dan paralayang melalui dana desa untuk Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir itu.
“Program ini kita fasilitasi dari dana desa. Dan ke depan, kita juga akan membuat program-program lain yang berkaitan dengan olahraga,” ujarnya.
Ia menjelaskan program yang dilakukan itu merupakan sebuah bentuk kecintaannya terhadap olahraga, terutama olahraga dirgantara.
Wali Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Arpan Ali mengaku pihaknya membangun taman olahraga dengan fasilitas olahraga, seperti fitnes outdoor dan jalur olahraga jalan kaki, dengan menggunakan dana desa.
Atas kepedulian kedua wali nagari tersebut terhadap perkembangan  olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solok Selatan memberikan penghargaan kepada mereka.
Ketua Umum KONI Solok Selatan Mario Syahjohan mengatakan penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi KONI setempat terhadap tokoh pemerhati olahraga terbaik di daerah setempat.
“Piagam penghargaan ini kita berikan kepada tokoh yang telah berkiprah untuk memajukan olahraga di daerah ini. Selain memberikan sumbangsih pikiran tokoh ini juga telah berperan aktif dalam pengembangan olahraga,” katanya.
Apabila 39 nagari di Solok Selatan bisa melakukan hal yang sama, ujar dia, akan berdampak besar terhadap kemajuan olahraga di kabupaten itu.
Sesuai petunjuk dan perda, Pemkab Solok Selatan mewajibkan kepada pemerintahan nagari untuk mengalokasikan anggaran dana desa sebesar Rp100 juta demi kepentingan olahraga.
“Dana tersebut bisa diperuntukkan untuk pembangunan sarana dan prasarana, kegiatan olahraga serta pembinaan,” katanya.
Ia berharap, ke depan para wali nagari bisa bersinergi dengan KONI Solok Selatan dalam pengembangan olahraga supaya cita-cita menjadikan Solok Selatan sebagai gudang prestasi olahraga bisa terwujud.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − eleven =