DPM PTSP Tomohon Urus 98 Jenis Perizinan

Tomohon, terasnews.id – Dinas Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) mengurus sebanyak 98 jenis perizinan dan 37 jenis non perizinan.
Pengurusan perizinan dan non perizinan ini dipayungi Perwako Tomohon Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pelimpahan Kewenangan dan Penandatanganan Perizinan dan Non perizinan Dalam Rangka Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, kata Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman, Jumat.
Kota Tomohon sebagai daerah yang terus berkembang, kata dia, memiliki prospek ekonomi cemerlang dan cenderung stabil dari sisi politik, sosial dan ekonominya.
Dari peluang-peluang yang ada, pemerintah kota terus berupaya mendatangkan sumber kapital bagi ekspansi pembangunan.
“Menjadi tugas kita untuk menjamin kenyamanan dan keamanan berinvestasi di daerah ini. Salah satunya adalah melalui kemudahan dalam perizinan,” katanya.

Kota berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa itu telah memiliki “Mall Pelayanan Publik” sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik.
Mall Pelayanan Publik ini, kata dia, rencananya akan diresmikan pada tanggal 21 April 2108 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI dan Menteri Hukum dan HAM RI.
Jenis layanan yang ada dalam “Mall Pelayanan Publik” Kota Tomohon mencakup keimigrasian, kepolisian, pajak, perbankan, pelayanan samsat, perusahaan air minum, badan keuangan daerah, dan PT Pos.
Selanjutnya, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, pertanahan, cafe/kantin, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Disdukcapil, Diskominfo, Command Center, ruang bermain anak, ruang menyusui, ruang baca, ATM dan halte bus.
“Kita berharap dengan jaminan keamanan dan kenyamanan pengurusan perizinan semakin banyak investor yang mau berinvestasi di Kota Tomohon,” harapnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 8 =