DPD RI Ajak Masyarakat Madura Amalkan Pancasila

    Pamekasan,terasnews.id – Anggota DPD RI Ahmad Nawardi mengajak masyarakat di Pulau Madura, Jawa Timur, untuk mengamalkan dan mempraktikkan nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah dan landasan ideologi bangsa.
“Selain Pancasila yang juga perlu kita tanamkan di dalam diri kita masing-masing, adalah UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” katanya di Sampang, Minggu.
Anggota DPD RI asal Kabupaten Sampang, Madura, ini mengemukakan hal tersebut, menyikapi adanya sekelompok orang yang akhir-akhir ini melakukan gerakan anti-Pancasila dan gerakannya berpotensi mengancam keutuhan bangsa.
Padahal, menurut dia, bangsa ini dibangun atas landasan nilai ideologi Pancasila, sebagai pilar pertama, kemudian UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
Ia menjelaskan, selama ini DPD dan MPR RI memang sudah rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat, akan pentingnya mengamalkan Pancasila guna menjaga keutuhan negara bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Hanya saja, ujar dia, upaya yang dilakukan DPD dan MPR RI dirasa belum cukup, mengingat kegiatan yang dilakukan selama ini masih terbatas.
Kedatangan anggota DPD RI Ahmad Nawardi ke Madura ini juga dalam rangka melakukan sosialisasi tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
“Di Sampang ini, sosialisasi tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika telah kami lakukan kemarin dan selanjutnya ke sejumlah kabupaten lain di Pulau Madura ini,” kata mantan wartawan ini.
Di Sampang, kelompok masyarakat yang menjadi sasaran sosialisasi empat pilar tersebut adalah para kepala desa.
Menurut Ahmad Nawardi, hal itu, karena selain ulama, tokoh masyarakat berpengaruh di Kabupaten Sampang juga kepala desa.
“Disamping itu, kepala desa juga mempunyai kepentingan bagi masyarakat untuk keamanan dan kenyamanan bagi masyarakatnya. Jadi kepala desa bisa mencegah gerakan-gerakan bernuansa radikal yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” katanya, menjelaskan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + ten =