Direktur Pascasarjana Pimpin HISSI Sumbar

Padang, terasnews.id – Organisasi Himpunan Ilmuan dan Sarjana Syariah Islam (HISSI) Sumatera Barat (Sumbar) resmi dilantik, Sabtu (7/9/2019) di Gubernuran Sumbar. Organisasi yang sudah berdiri sejak 2008 tersebut siap melebarkan sayap dan membentuk pengurus daerah di kabupaten kota di Sumbar.

Ketua organisasi HISSI di nahkodai oleh Dr. H. Syukri Iska M.Ag yang juga Direktur Pascasarjana IAIN Batusangkar resmi dilantik oleh Prof. Dr. H.M Amin Suma, S.H, MA, MM. Ketua umum HISSI pusat, pengurus baru ini siap menjalankan sederetan program dan langkah Supaya HISSI semakin dikenal dan berkembang serta memberi manfaat di tengah masyarakat,” ujar Syukri usai dilantik.

Syukri menuturkan, sudah memasuki tahun ke-11 HISSI terus berbenah dan memperkenalkan organisasi ini ditengah-tengah masyarakat dan juga memperkuat daerah serta meregistrasi secara resmi anggota disetiap daerah.

Lebih lanjut Syukri mengatakan akan memperkuat visi, misi HISSI itu sendiri. Tantangan hari ini dengan kecanggihan sistem informasi yang semakin terbuka dan banyaknya masyarakat yang melek persoalan hukum syariah, baik secara khusus dan secara umum, sehingga membuat munculnya pemikiran-pemikiran dan tulisan-tulisan di media social viral dan sulit di pertanggung jawabkan.

Dengan itu Syukri Iska dan pengurus wilayah HISSI sumatera barat akan mencoba menjembatani dan melakukan pendekatan terhadap gejala perkembangan pemikiran-pemikiran radikal, sempit dalam memahami Islam.

Ke depan kami juga akan menyusun program dan merekrut kepengurusan inti serta jumlah anggota yang solid disetiap kabupaten kota di sumatera barat supaya mampu menjalankan amanah ini. “tegas Syukri”

Gubernur Sumbar yang juga hadir waktu pelantikan itu, juga menyampaikan mendorong supaya ilmuan syariah dapat maju dan bermanfaat di tengah masyarakat. Selain itu, diminta juga supaya HISSI bisa menjadi pembina bagi perbankan maupun suwasta yang berlabel syariah.

“Kita sebut saja saat ini disetiap perbankan sudah ada syariahnya. Demikian juga dengan swasta serta komunitas dan organisasi bahkan label makanan yang bernuansakan syariah. Dengan adanya HISSI bisa menjadi penerang bagi semua ini. Sehingga HISSI bisa bermanfaat bagi orang banyak,” terang Irwan.

Irwan juga menyampaikan supaya pengurus yang baru dilantik supaya segera menyusun program yang akan dijalankan dalam waktu dekat.

“Contohnya saja wisata halal yang saat ini sedang dikembangkan. Nah kami berharap para ilmuan bisa menjelaskan apa saja indikator dalam wisata halal tersebut,” kata Irwan.

Dalam pelantikan tersebut juga sekaligus dilakukan seminar nasional dengan tema ‘Pengembangan Produk dan Wisata Halal di Sumbar, dengan mengundang Dr, Andianof Caniago sebagai salah seorang narasumber, disamping kepala Dinas Pariwisata Sumbar dan juga ketua HISSI sumbar sendiri dan diikuti oleh seluruh anggota HISSI dan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang.(myt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 16 =