Desa Tihang OKU Bangun 45 Unit MCK

Baturaja terasnews.id – Pemerintah Desa Tihang Kecamatan Lengkiti, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, membangun 45 unit sarana untuk mandi, cuci dan kakus dibangun di rumah warga yang belum memiliki fasilitas tersebut.

“Saat ini proses pembangunan fasilitas Mandi Cuci dan Kakus (MCK) sedang dilaksanakan,” kata Kepala Desa Tihang, Ogan Komering Ulu (OKU), Heryudi di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan, pembangunan 45 unit mandi, cuci dan kakus (MCK) di rumah warga di dusun I desa setempat itu dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan seperti tidak lagi membuang air besar di sungai.

Selain itu juga bertujuan untuk mewujudkan desa sehat yang diprogramkan pemerintah desa setempat dalam mengurangi limbah Sungai Ogan.

Setiap rumah penduduk yang belum memiliki fasilitas tersebut, kata dia, dibangunkan MCK berukuran 1,5 meter x 1,8 meter untuk dimanfaatkan sebagai tempat pemandian dan mencuci serta membuang air besar.

“Untuk sementara ini baru dibangun 45 unit MCK khususnya bagi warga yang belum memiliki fasilitas tersebut,” ungkapnya.

Selain membangun MCK, pemerintah desa setempat juga mempersiapkan tempat pemandian umum bagi masyarakat yang dapat dimanfaatkan bersama sama.

Anggaran yang digunakan dalam pembangunan fasilitas tersebut, yaitu sebesar Rp594.522.500 bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018.

“Dengan pembangunan untuk masyarakat ini diharapkan dapat menjadikan Desa Tihang menjadi desa pelopor kategori kawasan bebas dari limbah sungai,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − one =