Demokrat Instruksikan Kadernya Membantu Pengungsi Gungung Agung

Denpasar, terasnews.id – Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menginstruksikan kader Demokrat di Bali dan se-Indonesia sepenuhnya membantu para pengungsi Gunung Agung.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Putu Supadma Rudana kepada Antara di Denpasar, Selasa mengatakan Ketua Umum Demokrat SBY sudah memerintahkan kepada kadernya membantu sepenuhnya (all out) kepada pengungsi Gunung Agung.

“Kami sudah mendapat instruksi dari Bapak SBY untuk membantu para pengungsi Gunung Agung> hala tersebut dalam upaya meringankan beban penderitaan warga masyarakat Karangasem,” kata Supadma Rudana, seusai mengikuti rapat konsolidasi verifikasi parpol dan koordinasi pemberian bantuan buat pengungsi Gunung Agung di Jakarta.

Korwil DPP Demokrat untuk Bali, NTB, dan NTT mengatakan pihaknya selaku Korwil Bali telah melaporkan situasi terbaru terkait dengan pengungsi Gunung Agung dalam rapat konsolidasi yang dipimpin Ketua Umum Demokrat SBY.

“Hari ini saya laporkan situasi terakhir di Bali atas kejadian Gunung Agung. Pak Ketum menginstruksikan kader Demokrat agar ‘all out’ membantu pengungsi dan saudara kita di Bali,” ujar Supadma Rudana.

Tidak hanya kader Demokrat di Bali diminta turun tangan buat pengungsi Gunung Agung di Bali. Namun seluruh kader Demokrat di Indonesia juga diminta tanggap dan peduli. Karena hal ini sejalan dengan’ tagline’ Partai Demokrat, “Demokrat Peduli dan Memberi Solusi”.

“Bantuan kepada pengungsi ini bisa melalui jalur struktur partai di kabupaten, kecamatan hingga desa. Bisa juga melalui jalur fraksi di DPRD provinsi, kabupaten dan kota. DPP instruksikan lakukan apa yang bisa dilakukan buat saudara kita di Bali,” ucap politikus asal Ubud, Kabupaten Gianyar.

Supadma Rudana menyebutkan Hari Selasa (26/9), Annisa Pohan yang tak lain istri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan turun ke GOR Swecapura untuk menyerahkan bantuan buat pengungsi.

“Besok mbak Annisa Pohan akan ke Swecapura (Klungkung) menyalurkan bantuan. Setelah itu rencananya AHY turun ke Bali pekan depan,¿ ujar anggota Komisi III DPR RI ini.

Sebagai wakil rakyat Bali, Supadma Rudana melalui pergerakan “Semeton Supadma-Astungkara” terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam rangka memberikan bantuan yang tepat buat pengungsi.

“Kami sekarang sedang koordinasikan dengan pihak terkait di posko pengungsi apa saja yang dibutuhkan. Supaya tidak salah menyalurkan bantuan. ‘Relawan dan Sameton Supadma-Astungkara’ sedang melakukan pendataan,” ucap pria yang juga menjadi Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia Bali.

Menurut Supadma Rudana, saat turun di Posko Swecapura pada Minggu (24/6) lalu para pengungsi sudah cukup mendapatkan bantuan mie dan beras. Namun masih kekurangan sandang seperti selimut, pakaian layak pakai, popok bayi, susu bayi, dan kebutuhan air bersih.
“Kami sudah siapkan bantuan berikutnya sesuai dengan kebutuhan untuk para pengungsi Gunung Agung tersebut,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =