Delegasi IMT-GT Usulkan Penerapan Kebijakan Satu Visa

Pangkalpinang, terasnews.id – Delegasi peserta Pertemuan Tingkat Menteri Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Ke-23/2017 di Bangka Belitung mengusulkan daerah yang terikat dengan kerja sama dapat menerapkan kebijakan satu visa sebagai penunjang pertumbuhan sektor pariwisata.

“Dalam rapat dewan kerja sama bisnis IMT-GT yang diikuti delegasi Indonesia, Malaysia, dan Thailand memiliki ide untuk memberlakukan sistem satu visa bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke provinsi lain yang tergabung di IMT-GT di ketiga negara,” kata Direktur Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Cahyo Purnomo di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menerangkan kebijakan tersebut dalam penerapannya bahwa visa dapat diurus di negara asal wisatawan namun dapat digunakan ke wilayah provinsi di dua negara lainnya yang termasuk di dalam keanggotaan IMT-GT.

“Penerapan satu visa dapat mempermudah para wisatawan dari ketiga negara untuk berkunjung di wilayah provinsi-provinsi di Sumatera, Semenanjung Malaya dan Thailand Selatan,” ujarnya.

Perwakilan Delegasi Thailand, Surong Bulakul mengatakan kebijakan satu visa dapat menunjang interkoneksi antar daerah IMT-GT sehingga dapat menumbuhkan sektor pariwisata di Indonesia, Malaysia dan Thailand.

“Kebijakan satu visa dapat memberikan keleluasaan dan kemudahan interkoneksi bagi wisatawan untuk berkunjung suatu daerah meskipun berbeda wilayah negara,” terangnya.

Menurut Surong, daerah IMT-GT seperti Medan, Aceh, Penang dan Phuket memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai pariwisata berlayar.

“Thailand akan mempromosikan potensi pariwisata berlayar tersebut sehingga menunjang konektivitas jalur pariwisata Indonesia, Malaysia dan Thailand,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 3 =