Debat Kandidat Diwarnai Indisen Mati Lampu

Palembang , terasnews.id – Debat kandidat II Calon Gubernur dan Wakil  Gubernur Sumsel digelar di Hotel Ryndham Kamis (21/6) berlangsung sengit.  Sayangnys,  ketika debat kandidat berlangsung diwarnai insiden mati lampu yang terjadi hingga 2 kali.

Segemen pertama adalah setiap paslon menyampaikan program kerjanya.

Paslon nomor urut 1  Herman Deru mengatakan,  Tagline kami adalah Sumsel Maju.  Kita menawarkan pembenahan untuk Sumsel.

Paslon Nomor 2 Aswari menuturkan, kami menyampaikan visi kami yakni Sumsel baru yang berprestasi dan maju.  Dimana pembangunannya merata dan pemimpinnya memberikan kesejukan. ” Agar Sumsel lebih maju dengan membangun masyarakat Sumsel secara merata dan memberikan pelayanan yang terbaik,” katanya.

Paslon nomor 3 Ishak Mekki mengatakan, Sumsel dalam 5 tahun mencapai prestasi.  Tapi masih ada Pekerjaan Rumah (PR)  yang harus dilakukan.  Oleh sebab itu,  pihaknya memiliki program jalan mulus dalam 2 tahun.

Kemudian adalah neningkatkan peningkatan pendapatan masyarakat dengan pemberian bantuan bagi UMKM, mrningkatkan pemberian TPP bagi ASN dan mengoptimalkan program pendidikan dsn kesehatan gratis.

Sementara itu,  Paslon nomor 4  Dodi mengatakan,  dirinya bersama Giri memiliki program  Sumsel 2 Tahun Bisa.

Yakni pendidikan gratis dan berobat gratis. Kemudian memberikan tunjangan guru honor dan tenaga kesehatan.  Jalan provinsi sepanjang 1513 km akan mulus, meningkatkan pendapatan petani dengab merevalitasi karet dan sawit, membuka lapangan kerja seluas luasnya dan memberikan bantuan UMKM.

Selanjutnya pada segemen kedua adalah penajaman program kerja yang pertanyaannya diajukan oleh panelis.

Paslon nomor 1 Herman Deru menjawab pertanyaan dari panelis terkait peningkatan  ekonomi kerakyatan.  Deru menjelaskan untuk meningkatkan ekonomi rajyat harus dengab memprioritaskan pemerataan kesejahteraan dan pembangunan.

“Kondisi Sumsel infrastruktur rusak dan macet.  HDMY akan membangun jalan.  Pengangguran Sumsel 4 persen akan dikurangi dengan   mengajak investor untuk berinvestasi dengan layanan mudah.  Dengan syarat investor harus mengutamakan tenaga kerja lokal,”  katanya

Paslon nomor urut 2 Saifudin Aswari mendapat pertanyaan terkait prmanfaatan SDA di Sumsel.  Saifudin mrnjelaskan,

Sumsel salah satu provinsi terkaya. ” Kita ada gas,  minysk,  karet sawit.  Kita membangun pabrik kelapa sawit dan produk lainnya agar kesejahteraan rakyat Sumsel dapat meningkat, ” bsbernya.

Paslon nomor urut 3 Ishak Mekki mendapat pertanyaan terkait peningkatan kinerja ASN.  Ishak Mekki mengatakan,  yang pintar banyak tapi yang berintegritas sedikit.  Kita berikan TPP yakni Rp 25 juta eselon 2 agar mereka bisa bekerja maksimal.

Pertanyaan dari panelis untuk paslon nomor 4  Dodi dan Giri terkait langkah yang dilakukan agar Sumsel lebih unggul dsn terdepan.

Dodi mengatakan, pihaknys yakin Sumsel bisa lebih unggul dari provinsi lain.  Conyohnya Sumsel jadi tuan rumah Asian Games. Apalagi 5 tahun kedepan.  Potensi KEK TAA akan membuat Sumsel akan semakin maju. Sehingga sumsel bisa bersaing dengan provinsi lain.

Giri Ramanda menambahkan, untuk peningkatan pelayanan maka akan dibuat sop yang jelas sehingga waktu pelayanan bisa maksimal.

Segemen selanjutnya segmen ketiga menjawab video aspirasi masyarakat Sumsel. Pertanyaan dari masyarakat Sumsel.

Peratnyaan dari masyarakat adalah pertama terkait pembangunan di daerah perbatasan yang belum merata.  Karena jalan di Banyuasin masih banyak yang rusak.

Pertanyaan kedua terkait sikap paslon terhadap korusi.

Menanggapi pertanyaan itu,  Paslon nomor 2 Saifudin mengatakan, memang pembangunan di Sumsel belum merata.  Sumsel ada 17 kabupaten kota.  Perlu ada interaksi antara bupati dan gubernur.

“Kita Infrastktur akan fokus infrastktur yang merata untuk masyarakat,” ucapnya.

Untuk soal korupsi,  Saifudin menuturkan,  jangan sekali sekali menggunakan money politik. Disini semua calon yang baik.  Tapi carilah pemimpin yang baik dan bersih dari korupsi.

Sementara itu,  Ishak mekki mengatakan,  Palembang memang maju dengan LRT.  Tapi daerah lain harus diperhatikan jalannya.  “Kami sanggup memuluskan jalan provinsi dalam 1 tahun,” katanya.

Terkait soal korupsi,  Ishak mengungkapkan,  kalau mengeluarkan biaya besar pasti akan berupaya mengembalikan uangnya.

Sementara itu Dodi mengatakan, strategi perbaikan dan jembatan adalah  dengan bantuan dari APBN,  dar APBD dan pihak ketiga.

“Setelah jalan provinsi selesai.  Kami akan bantu kab kota untuk memperbaiki jalan kabupaten kota,” ucapnya.

Giri mengatakan, paslon dodi giri menjaga pilkada Symsel agar tidak ada yang menggunakan money politik dan tidak menggunakan dana kampanye yang berebihan.

Sementara itu,  Herman Deru mengatakan,  jalan rusak bukan hanya di Banyuasin.  Tapi di OKUT.  Banyak lagi jalan provinsi lainnya yang rusak.  Palembang dirias tapi yang lain juga diperhatikan.

Menurutnya,  untuk mengantisiasi korupsi,  kampanye itu jangan pakai uang negara.

Segmen berikutnya segmen kelima adalah masing masing paslon bertanya ke paslon lainnya.

Dalam segmen ini terjadi perdebatan seru antar paslon. Bahkan terjadi insiden 2 kali mati lampu.  Sehingga mengganggu jalannya debat.

Segemen terkahir adalah closing statemen

Paslon 1 Herman Deru mengatakan,  debat ini bukan sandiwara tapi iktiar kita untuk sumsel.  Dari tertinggal jadi yang terdepan.  Satu menit dibilik suara menjadi penentu 5 tahun kedepan. Pilih nomor 1, sekolah dan berobat gratis akan berjalan. Bersatu untuk Sumsel maju.

Paslon 2 Saifudin, Irwansyah mengatakan,  Pak Saifudin adalag sosok pilihan bangsa.  Salah satu kader terbaik pilihan pak Prabowo.  Bahkan Pak jokowi memberikan pengahragaan bintang maha putra.

Sementara itu Yudha mengatakan, paslon nomor 3 akan membuat Sumsel lebih baik.  Program kita program pro rakyat.

Dodi mengatakan,  rasul pernah bersabda.  Sebaik baik manusia bisa bermanfaat.  Menyebarkan kebaikan.  Program Dodi dan Giri yang bisa mensejahterakan masyarakat Sumsel.

“Memenangkan rakyat sumsel.  Insya allah apa yang kami lakukan menjadi pengalaman dan pelayanan untuk lebih baik lagi. Sehingga  Sumsel semakin gemilang,” bebernya.

Usai debat Dodi mengatakan,  dirinya merasa lega. Debat ini suatu yang sangat penting. Karena rakyat Sumsel berhak mengetahui visi dan misi paslon.  “Insya Allah masyarakat Sumsel yang cerdas bisa memilih mana paslon yang punya program yang jelas dab layak dijadikan pemimpin, ” katanya.

Dodi menambahkan,  pada masa tenang dirinya akan banyak berdoa dan kembali bertugas ke Muba.  “In sha Allah dengan dukungan masyarakat Sumsel kami dapat menjalankan program kerja. In sha Allah kemenangan sudah dekat.  Bagi tim relawan mari kita menjaga suasana yang sejuk dan kondusif,” pungkasnya.  (yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =