Bupati Oi Data Rawa Lebak

Palembang, terasnews.id – Bupati Ogan Ilir Sumatera Selatan Ilyas Panji Alam segera mendata areal rawa lebak untuk dijadikan lahan persawahan,  karena potensi rawa lebak di itu cukup luas.

“Kami akan mendata lahan rawa lebak  dan dioptimalkan pemanfaatannya untuk dijadikan lahan persawahan,”  kata Bupati Ilyas Pandji, Senin.

Areal yang potensial tersebut setelah didata lalu diusulkan ke Kementerian Pertanian dalam pengembangan  program penataan air di rawa lebak termasuk di Sumsel.

Bahkan, lanjut bupati, daerahnya telah menjadi percontohan penataan air di rawa lebak. Oleh karena itu pendataan itu penting dilakukan.

Dia mengatakan, memang rawa lebak selama ini dinilai kurang menjadi perhatian untuk dijadikan lahan pertanian karena bila hujan arealnya menjadi banjir.

Namun dengan adanya program penataan air atau tata kelola air maka lahan tersebut semakin produktif, ujar dia.

“Bahkan dengan adanya tata kelola air tersebut lahan dapat ditanam tiga kali dalam setahun,”katanya.

Sehubungan itu pihaknya mendukung sepenuhnya program Kementerian Pertanian tersebut supaya produksi beras di daerah ini semakin meningkat.

Sebelumnya Dirjen  Sarana dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian Pending Dadih Permana saat panen padi di rawa lebak di Ogan Olir, Sumsel beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya terus menata air terutama di areal rawa lebak supaya lahanya semakin produktif.

Oleh karena itu pihaknya minta pemerintah daerah termasuk Ogan Ilir mendata luas rawa lebak supaya airnya dapat ditata untuk dijadikan lahan persawahan, ujar dia.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 4 =