BPJS Ketenagakerjaan Daftarkan 1.000 Peserta Baru

     Timika, terasnews.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Mimika turut memerihkan HUT ke-73 RI di Timika, Papua, dengan mendaftarkan sebanyak 1.000 peserta baru yang merupakan penerima manfaat program keluarga harapan Kemensos di Mimika.
Penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan tersebut secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Mimika, Ausilius You didampingi oleh Marketing Officer BPJS Ketenagakerjaan Mimika, Gery Dame Malelak kepada perwakilan peserta baru BPJS dari program keluarga harapan di halaman kantor Sentra Pemerintahan Mimika, Timika, Jumat.
Gery mengatakan BPJS Ketenagakerjaan telah bekerja sama dengan Dinas Sosial Mimika untuk memberikan perlindungan kepada sebanyak 1.000 keluarga harapan dengan mendaftarkan mereka sebagai seperta BPJS Ketenagakerajaan di sektor bukan penerima upah.
Hal tersebut kata Gery, bertujuan agar keluarga harapan yang telah terdaftar tersebut dapat dilindungi jika mengalami resiko kecelakaan kerja sehingga tidak merasa terbebani dengan biaya pengobatan sebab sudah ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.
Selain itu, melalui kepesertaan BPJS Ketenagakerajaan, keluarga peserta juga dapat terbantu dengan memperoleh santunan kematian jika yang bersangkutan meninggal dunia.
“Jadi untuk 1.000 peserta itu BPJS telah menanggung iuran selama satu bulan yaitu untuk jaminan kecelakaan kerja dan kematian. Selainjutnya peserta bisa membayar iuran secara mandiri. Ini juga sebenarnya salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.
Gery juga mengharapkan agar perusahaan-perusahaan di Mimika dapat memanfaatkan dana CSR-nya dengan mendaftarkan masyarakat sekitar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sehingga masyarakat bisa memperoleh perlindungan sosial.
“Nah untuk itu BPJS Ketenagakerjaan dan Dinas Sosial telah memperoleh rekomendasi dari Pemerintah Daerah Mimika terkait dengan proposal yang akan kami sebarkan ke beberapa instansi di Mimika sehingga kita semua sama-sama peduli untuk memberikan perlindungan sosial ketenagakerjaan kepada kelaurga harapan,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 6 =