Berdayakan Ibu-Ibu Kelola DD

Lahat, jurnalsumatra.com – Pengelolaan DD (Dana Des) tahun 2019 didesa Danau kecamatan Kikim banyak melibatkan kaum emak-emak untuk pemhangunan infrastruktur jalan. Dengan adanya wanita berkontribusi dalam pengelolaan ADD, pemdes (Pemerintah Desa) setempat yakin kemajuan desa akan semakin terlihat dan transparan dari segi anggaran.

Kepala Desa (Kades) Danau, Yasarmin mengatakan, pemdez merasa bangga terhadap masyarakat Desa Danau yang peduli terhadap pembangunan yang ada di desa. DD triwulan keTiga ini seluruh masyarakat dilibatkan kecuali anak-anak sehingga program yang dilaksanakan benar-benar dirasakan positif manfaaynya.

“Kami sangat bangga, terlebih para ibu ibu yang turut membantu pembangunan dana desa. Kami tak melarang siapa pun untuk ikut membantu, tak terkecuali para ibu ibu,” ujarnya, Rabu (14/8/2019).

Menurutnya, untuk aktivitas yang dilaksanakan ibu-ibu yakni dengan menjadi pekerja angkut material, sedangkan untuk yang berat dan finisging adalah bagian pekerja laki-laki. Pembangunan jalan desa masih difokuskan, karena saat ini masyarakat masih membutuhkan akses untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

“Pembangunan dana desa di desanya akan selesai dengan baik, meski pun hanya di kerjakan oleh masyarakat desa. Masyarakat desa membantu, seperti mengangkut material. Jika untuk pelaksanaan teknisnya tentu berasal dari orang yang ahli di bidangnya,”imbuhnya.

Sementara itu Wati (34) salah satu  ibu ibu Desa Danau yang turut membantu pelaksanaan dana desa mengaku membantu pengerjaan dana desa bukan hanya sekedar mencari uang tambahan.

“Karena kami sadar, bangunan dana desa ini untuk kami sendiri. Karena itu, kami turut berpartisipasi, sebagai bentuk kecintaan kami terhadap desa,” ucapnya.(Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 17 =