Beranda – KPU Kupang Ingatkan Parpol Tentang Caleg Koruptor

Kupang, terasnews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU), mengingatkan partai politik di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, selektif dalam menjaring bakal calon legislatif (Caleg) guna mengantisipasi masuknya mantan narapidana korupsi pada pemilu legislatif 2019.
“Kami sudah mengingatkan partai politik peserta pemilu 2019 di Kabupaten Kupang agar melakukan seleksi secara ketat terhadap proses perekrutan calon anggota legislatif 2019 guna mendeteksi masuknya caleg mantan narapidana korupsi dalam daftar caleg,” kata Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Christian Louk kepada Antara di Oelamasi, Kamis.
Hans menegaskan hal itu terkait upaya KPU Kabupaten Kupang dalam mengantisipasi lolosnya mantan narapidana korupsi sebagai caleg pada pemilu legislatif 2019.
Ia mengatakan, bagi calon anggota legislatif yang pernah terjerat dalam kasus korupsi wajib mengumumkan secara terbuka melalui media massa tentang kasus pidana yang pernah dilakukan.
“Bukti pengumuman yang sudah dipublikasi oleh media massa harus dilampirkan dalam dokumen caleg saat menyerahkan dokumen ke KPU,” kata Hans.
Hans menegaskan, apabila diketahui ada caleg yang pernah terjerat dalam kasus pidana korupsi namun tidak memasukkan bukti pengumuman di media massa tentang kasus yang pernah dilakukannya maka dicoret dari daftar caleg.
“KPU akan mencoretnya dari daftar caleg karena bukti pengumuman di media massa menjadi salah satu dokumen yang wajib dipenuhi seorang caleg mantan koruptor,” kata Hans.
Ia mengatakan, partai politik peserta pemilu 2019 agar segera mendaftarkan calegnya ke KPU Kabupaten Kupang karena proses pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 4 sampai 17 Juli.
“Sampai hari ini belum ada partai politik yang datang mendaftarkan calegnya ke KPU,” kata Hans.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 11 =