Bawaslu Minta Sapu Bersih Semua APK

Lahat, terasnews.id – Guna untuk menjaga kondusifitas, aman, damai, dan tentram dalam memasuk masa tenang Tanggal 14 April 2019, Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan anggota Legislatif (Pileg) semua Alat Peraga Kampanye (APK) disapu bersih oleh Bawaslu Kabupaten Lahat.

Penertiban yang dilakukan ini, mulai di jalan jalan utama Protokol, termasuk diruang Publik. Semua Alat Peraga Kampanye (APK) diturunkan oleh Tim yakni, Bawaslu Lahat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat, Kepolisian Polres Lahat, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemda Lahat.

“Yang jelas penertiban semua APK ini, tanpa tebang pilih dan diharapkan semuanya dapat disapu bersih. Terutama APK yang berada di jalan jalan Protokol dan ruang Publik yang ada. Karena, tanggal 14 April 2019 sudah memasuki masa tenang Pilpres dan Pileg,” pintak Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat, Andra Juarsyah SPd.M.Si, Sabtu (13/4/2019).

Selain itu, dalam rapat koordinasi penertiban APK dikantor Gakkundu Lahat, Andra juga mengajak pihak Dishub Kabupaten Lahat, agar dapat menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang ditiang rambu rambu Lalulintas.

“Kita berharap semua pihak yang terkait benar benar dapat membersihkan semua APK yang ada, tanpa terkecuali. Kita mintak agar semuanya dapat disapu bersih. Tujuannya, agar dimasa tenang ini, sampai masa penjoblosan di 17 April 2019 nanti Kabupaten Lahat dapat melaksanakan Pilpres dan Pileg dengan Aman, Damai, dan Kondusif,” pungkas Andra.

Namun, disesalkan pembersihan semua Alat Peraga Kampanye (APK) ini, tidak semua diturunkan. Pantau dilapangan terlihat dibeberapa titik lokasi masih terpasang APK, seperti didepan kantor Satlantas Lahat, simpang Prengki, hingga, di jalan Kelurahan Pagar Agung Kecamatan Kota, Kabupaten Lahat.

Sedangkan, dalam arahan Kepala Kesbangpol Lahat Drs Surya Desman M.Si berpesan agar masing masing Partai Politik (Parpol) dapat melepas semua Alat Peraga Kampanye (APK) para Calonnya yang terpasang.

“Kita menghimbau dan mengharapkan kesadaran dari semua Parpol. Mengingat banyaknya APK yang terpasang. Oleh sebab itu, kita berharap semua pihak. Ayo.!!! kita sama sama taat hukum agar Pesta Demokrasi ditahun ini dapat berjalan sesuai dengan harapan kita semua,” kata Desman.

Menurutnya, untuk penurunan semua APK bisa dilaksanakan malam nanti, sebelum masuk masa tenang 14 April 2019. Bagi semua atau perwakilan Parpol silakan kalau mau langsung membuka atau menurunkan APK masing masing.

“Jadi untuk menjaga Lalin, kita bergerak dimalam hari saja agar tidak menganggu lalu lintas. Kita berharap selama proses pembersihan APK Tim tidak menemui kendalan dilapangan. Termasuk, sampai masa pemilihan nanti Lahat dapat menjalankan Pileg dan Pilpres damai, tentram, dan kondusif,” ujar Desman.

Terlihat, dalam rapat tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat, Andra Juarsyah SPd.M.Si, Kepala Kesbangpol Drs Surya Desman MPdi, Kepala Devisi Hukum komisi Pemilihan Umum (KPU), Thomson SAg, Perwakilan dari Sat Pol-PP, Dinas Perhubungan (Dishub) dan beberap perwakilan dari Partai Politik (Parpol). (Din)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 14 =