Banda Aceh Luncurkan Aplikasi E-Berindah

Banda Aceh, terasnews.id – Pemerintah Kota Banda Aceh meluncurkan secara resmi e-Berindah, sebuah aplikasi pengawasan kualitas kebersihan dan keindahan berbasis android yang digagas Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) setempat.
Peluncuran aplikasi dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman didampingi Kepala Dinas LHK3 Banda Aceh T Samsuar di Balai Kota Banda Aceh, Kamis.
T Samsuar menyebutkan, aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store. Dengan aplikasi ini, masyarakat dapat langsung memantau kebersihan dan keindahan seperti jalan, halte, drainase, sungai, taman, dan tempat sampah.
“Setiap lokasi yang terpantau memiliki indikator penilaian sendiri mulai dari kebersihan hingga kondisi tanaman maupun fasilitas umum. Laporan dari pengguna aplikasi lengkap dengan foto plus titik koordinat lokasi akan dievaluasi oleh petugas untuk ditindaklanjuti,” kata dia.
T Samsuar mengatakan, gagasan aplikasi ini berangkat dari keterbatasan personel Dinas LHK3 dalam mengawasi kebersihan seluruh wilayah Kota Banda Aceh.

Dari gagasan tersebut, kata dia, Dinas LHK3 merasa perlu melibatkan masyarakat berpartisipasi mengawasi dan menjaga keindahan ibu kota Banda Aceh tersebut.
“Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota. Kami juga akan memberi penghargaan atas partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan via aplikasi ini,” kata T Samsuar.
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengapresiasi dan mengharga ide atau pemikiran baru untuk kemajuan kota. Seperti yang dilakukan Dinas LHK3 dengan mengembangkan aplikasi e-Berindah.
“Penggunaan aplikasi e-Berindah merupakan perhatian dan komitmen jajaran pemerintah kota mendukung pewujudan visi Banda Aceh gemilang dalam bingkai Syariah Islam,” ujar Aminullah Usman.
Aminullah mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan Kota Banda Aceh. Selain enak dipandang, kota yang bersih dan indah akan membentuk masyarakat yang sehat.
“Kota yang bersih dan indah akan menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kota Banda Aceh. Semakin banyaknya wisatawan berkunjung, tentu akan memberi dampak terhadap perekonomian masyarakat,” kata Aminullah Usman.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + three =