Aplikasi Sideka Wujudkan Transparansi Informasi Desa

Semarang, terasnews.id –  Aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka) Jawa Tengah salah satu upaya Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Catatan Sipil setempat dalam
mewujudkan transparansi informasi desa, kata Sekretaris Daerah Provinsi Jatenga Sri Puryono.
“Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam mendukung kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa, serta mewujudkan visi Gubernur Jawa Tengah menjadikan desa sejahtera dan berdikari,” katanya di Semarang, Kamis.
Menurut dia, data dan informasi desa yang masuk pada Sideka Jateng akan mempermudah pemerintah dalam memberikan bantuan dan pendampingan.
Terkait dengan hal itu, ia meminta semua data harus dibenahi, terutama data rinci tentang 7.809 desa yang tersebar di 35 kabupaten dan kota di Provinsi Jateng.
Pendataan dan penerapan program, kata dia, harus lebih cermat dan teliti supaya tidak ada permasalahan di kemudian hari, termasuk penggunaan dana desa yang dari tahun ke tahun jumlahnya makin bertambah, di mana pemerintah desa dituntut transparan dalam penggunaannya.
“Beberapa kali saya menghadiri pembinaan pendamping desa maupun kepala desa, selalu saya sampaikan tidak ada lagi penyembunyian atau ditutup-tutupi tentang anggaran pembangunan desa, semua harus transparan dan terbuka,” ujarnya.
Sekda Puryono mengapresiasi Dispermasdesdukcapil Jateng yang terus bergerak dalam mendukung kemajuan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintah desa yang makin efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.
Kepala Dispermasdesdukcapil Jateng Sudaryanto menambahkan bahwa aplikasi Sideka Jateng akan dioptimalkan sebagai salah satu instrumen pendukung pembinaan dan pengawasan pemerintahan desa.
“Selain itu, mendapatkan masukan dari publik yang direpresentasikan dari kabupaten, kecamatan, desa, serta ‘stakeholder’ guna menyempurnakan rancangan produk tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan penataan desa,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × three =