AIP Rural Tingkatkan Produksi Rumput Laut Fakfak

Sorong, terasnews.id – “Australia-Indonesia Partnership for Rural Economic Cevelopment (AIP Rural)” lembaga kerja sama antar pemerintah dalam peningkatan ekonomi masyarakat, mendorong peningkatan produksi rumput laut petani Kabupaten Fakfak, Papua Barat.
Kepala Komunikasi AIP Rural, Muhammad Karim Wirasaputra di Sorong, Rabu mengatakan, budidaya rumput laut sudah lama dilakukan oleh petani Kabupaten Fakfak, namun kesulitan memasarkan sehingga produksi seadanya.
AIP Rural melakukan pendampingan terhadap petani rumput laut Kabupaten Fakfak agar meningkatkan kualitas dan produksi rumput laut sebab hasil penelitian rumput laut Fakfak baik di Indonesia.
Menurut dia, program pendampingan tersebut AIP Rural bekerja sama dengan pihak swasta dan pemerintah daerah guna mengajarkan petani Fakfak bagaimana menanam dengan baik dan metode yang tepat untuk menghasilkan produksi yang berkualitas.
“Kami tidak hanya mengajarkan petani cara menanam, tetapi kami juga menyediakan bibit yang berkualitas yang dapat meningkatkan hasil produksi rumput laut,” kata dia.

Karim mengungkapkan, agar produksi rumput laut petani Kabupaten Fakfak terus berkelanjutan AIP Rural juga mencari solusi untuk petani dapat memasarkan produksinya dengan harga yang memuaskan.
Pembeli rumput laut, menurut dia, keberadaannya jauh di luar Papua sehingga petani kesulitan memasarkan hasil produksi. AIP Rural menjalani kerja sama dengan perusahaan pembeli rumput laut luar Papua salah satu perusahaan Indonusa di Malang untuk membeli rumput laut petani Kabupaten Fakfak.
Ia menyampaikan, kendalah yang dihadapi Indonusa yakni biaya untuk menjangkau petani satu per satu sangat tinggi sehingga AIP Rural membina Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam) untuk mengumpulkan rumput laut petani Fakfak kemudian menjual ke Indonusa.
Dikatakan, Bumkam mempunyai keterbatasan modal sehingga AIP Rural menghubungkan Bumkam bekerja sama dengan Bank Papua guna mendukung modal membeli rumput laut petani kemudian menjual ke Indonusa.
“Kami harapkan program ini dapat meningkatkan kualitas dan jumlah produksi rumput laut petani Kabupaten Fakfak sehingga ekonomi keluarganya semakin meningkat,” tambah dia.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 13 =