Adi Nofriansah : Ada 2 Obyek Vital Harus Bebas Asap

BANYUASIN,SUMSEL,terasnews.id -Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaksanakan secara simbolis Launching Patroli Terpadu dan PoskoPencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Markas Manggala Agni Daops Banyuasin,Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (2/5/2018).

Kegiatan ini juga dilaksanakan secara serentak di tiga  Daerah Operasi (Daops) Manggala Agni Sumsel lainnya yaitu di  Daops Muba, Daops Banyuasin dan Daops Lahat dalam rangka optimalisasi upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan 2018 dan sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo.

Didalam pelaksanaannya Tim Patroli terpadu terdiri dari Manggala Agni, POLRI, TNI dan MPA/Satgas Desa dengan  melibatkan sebesar-besarnya peran serta masyarakat sebagai simpul komunikasi pada tingkat tapak.

Patroli terpadu menjadi pintu masuk untuk proses perubahan perilaku masyarakat menuju masyarakat yang lebih peduli dan berperan aktif dalam pencegahan karhutla.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai antisipasi prediksi awal musim kemarau dari BMKG dan sebagai kesiapsiagaan menjelang Asian Games 2018 untuk beberapa pertandingan selain di jakarta dan dilaksanakan di Jakabaring Palembang Sumatera Selatan,” kata  Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan wilayah Sumatera, Dr. Israr, S.Hut, M.Sc.

Sementara itu, Adi Nofriansah Kepala Manggala Agni Daops Banyuasin, menyampaikan, lokasi Patdu Daops Banyuasin berjumlah 12 posko dengan sebaran desa meliputi Kabupaten Banyuasin, Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir yang terdapat 2 obyek Vital.

“Jadi di area Objek Vital itu ada Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dan Jakabaring Sport center yang harus bebas asap,” tegasnya di sela Launching Patroli Terpadu.

Acara kegiatan Launching di hadiri  Polres Banyuasin, KODIM 0430, BPBD Kabupaten Banyuasin, Dinas Pertanian Banyuasin, Dinas Lingkungan Hidup  Banyuasin, MPA Desa Pelajau.(BIO/LUBIS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =