DPRD Sumsel Kunjungi Puslatpur Martapura

OKUTimur,  terasnews.id – Pimpinan dan anggota Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan  kunjungan ke Pusat Latihan Tempur Angkatan Darat (Puslatpur AD), Martapura, Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur)-Baturaja, , Rabu (22/7/2020).

Kedatangan pimpinan dan anggota Komisi I DPRD Sumsel yang di ketuai Antoni Yuzar diterima langsung oleh Komandan Puslatpur AD , Martapura, Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) –Baturaja Brigjen Josef Robert Giri Sip Msi.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Sumsel Antoni Yuzar  , kunjungan ke Puslatpur intinya DPRD Sumsel melakukan silaturahmi sesuai dengan perkembangan tehnologi, keterbukaan informasi, pihaknya ingin melihat langsung kondisi puslatpur.

“ Tahunya kita melihat merek depannya saja, tidak boleh masuk dulu, tertutup , sekarang dengan tehnologi canggih, dengan keterbukaan informasi, kita bisa  bersilaturahmi , mengetahui bagaimana tempat latihan perang, rupanya disana luasnya 43 ribu  hektar luasnya, itu terbesar se Indonesia, kalau dulu  cuma pangkal letkol jadi komandan puslatpur sekarang jenderal, Brigjen yang sekarang ,” katanya.

Politisi PKB ini menilai Puslatpur ini tentu menjadi kebanggaan Sumsel, apalagi dari seluruh daerah di Indonesia akan latihan militer di Puslatpur tersebut.

Didalam pustlatpur selain ada lokasi tempur ternyata juga memiliki perternakan ikan, sapi, ayam dan bebek dan sebagainya.

“ Apalagi kedepan puslatpur akan melakukan pengembangan , kita harapkan provinsi bisa memberikan bantuan hibah dan apa, karena di puslatpur sarana dan prasarana masih terbatas, jalannya  masih kurang bagus misalnya,” katanya.

Di Puslatpur menurut Antoni, Komisi I DPRD Sumsel sempat 6 jam berada di Puslatpur karena betah dengan sosok pimpinan puslatpur yang cukup merakyat.

“ Tank Leopard itu mereka itu terbagus di dunia yang beratnya 60 ton,” katanya.

Sedangkan  anggota Komisi I DPRD Sumsel H Budiarto Marsul menjelaskan Puslatpur adalah institusi militer dan tempat latihan tempur yang terbesar se-Indonesia.

“ Kita sempat lihat fasilitas, peralatan yang ada di  puslatpur ini, ini menjadi kebanggaan masyarakat Sumsel, oleh karena itu kita harus peduli dengan puslatpur dan ada baiknya Pemprov Sumsel memberikan bantuan hal yang sangat dibutuhkan untuk pengembangan fasilitas puslatpur,” kata politisi Partai Gerindra ini,

Walaupun saat ini sudah banyak kemajuan puslatpur namun masih banyak yang harus dibantu oleh Sumsel menurutnya untuk puslatpur.

“ Kreativitas komandan puslatpur hebat., lahannya yang belum di terpakai  pergunakan untuk kemakmuran masyarakat sekitar, mereka mencontohkan peternakan ikan, itik, sapi dan ribuan pohon durian dan pemanfaatan lahan-lahan yang tidak dipergunakan untuk latihan tempur,” katanya.

Ini berdampak positip bagi masyarakat sehingga DPRD Sumsel memberikan dukungan puslatpur untuk mengembangkan puslatpur ini lebih baik lagi.

“ Ini kayaknya pertama kali DPRD Sumsel berkunjung ke Puslatpur, “ katanya.(udy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *