Kajari Langsung Pimpin Pemusnahan BB

Lahat, terasnews.id  – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-60 tahun 2020, Kejaksaan Negeri (Kajari) Lahat diwarnai dengan melaksanakan pemusnahan barang bukti (BB) yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

Selain masih dalam keadaan merayakan Hari Bhakti Adhyaksa, Kajari Lahat juga memusnahkan BB, yang dilakukan dihalaman kantor Kajari pada Rabu (22/07/2020).

Turut hadir dalam acara pemusnahan itu diantaranya, Wabup Lahat H.Haryanto SE MM, Sekda Lahat, Ketua DPRD Lahat, Kajari Lahat, Kasi Intelijen, Kasi Pidsus, Kasi Pidum, Kasi Datun, dan seluruh staf dan pegawai Kajari Lahat, Ketua PN Lahat, Dandim 0405 Lahat, Kapolres Lahat, Kasat Narkoba Polres Lahat, Forkominda Kabupaten Lahat, PERADI Lahat, Kalapas Lahat, dan tamu undangan lainnya.

Dalam pemusnahan barang bukti tersebut, langsung dipimpin Kajari Lahat Fitrah SH MH dengan cara semua BB hasil kejahatan dikumpulkan lalu dimasukkan kesebuah Drum dan selanjutnya dilakukan proses pembakaran secara bersama sama.

Kajari Lahat Fitrah SH MH dalam pidatonya menyampaikan, barang bukti (BB) yang dimusnahkan dengan cara dibakar ini berupa, Ganja, Ekstaci, Sajam dipotong, Miras dihancurkan, bong atau alat hisap, alat Timbangan serta hasil kejahatan lainnya yang sudah memiliki keputusan tetap.

“Terdiri atas Narkotika 106 perkara, uang palsu (Upal) 1 perkara, senjata tajam (Sajam), handphone, dan minuman keras (Miras) dari berbagai Merk dari 49 Perkara. Untuk spesifiknya, Ganja sebanyak 18 batang dengan berat 2.622,93 gram, serbuk metafetamin atau shabu seberat 268,329 gram, dan MDMA sebanyak 71 butir setara beratnya 26,768 gram,” ungkap Fitrah.

Menurutnya, untuk uang palsu (Upal) berjumlah 12 lembar yang terdiri 7 lembar pecahan uang Rp.50 ribu, dan 5 lembar pecahan uang Rp.100 ribu rupiah. Lalu, 15 bilah senjata tajam (Sajam) dan 11 unit Handphone berbagai Merk.

“Sedangkan, untuk Tipiring Miras ada 122 botol yang didapat dari razia pedagang minuman keras dari 17 Perkara. Juga 136 minuman keras botol terbuka dengan berbagai merk yang didapat dari razia ketertiban umum yaitu mengonsumsi minuman keras di muka umum sebanyak 32 Perkara,” tambahnya.

Dari hasil Penyitaan BB tindak kejahatan ini, diharapkan kata Kajari Lahat, tetap terjaga sinergitas dengan Kodim 0405 Lahat, Sat-Pol PP Pemkab Lahat, dan Kepolisian.

“Terimakasih atas kehadiran semuanya. Pemusnahan BB ini, juga bertepatan dalam rangka Perayaan Hari Bhakti Adhyaksa yang ke 60 tahun. Kami berharap nanti ada kebijakan daerah untuk penanggulangan bersama pihak TNI dan Kepolisian untuk bahu membahu mencegah masyarakat yang melakukan tindak pidana, agar masyarakat hidup nyaman, tentram, dan tidak merusak generasi muda,” pesan Kajari Lahat.

Sementara, Wabup Lahat H.Haryanto SE MM dalam penyampaiannya, sangat mendukung sekali dalam pemberantasan Narkotika, karena saat ini, peredaran Narkoba di Lahat sangat tinggi.

“Maka dari itu, kami selaku Pemerintah Daerah menghimbau agar seluruh masyarakat Kabupaten Lahat dapat menjahui segala bentuk jenis Narkotika yang berujung dapat merusak kehidupan. Ayo.!! alangkah baiknya kita isi hari hari dengan kegiatan Positif,” terang Wabup Lahat.

Pemusnahan barang bukti (BB) hasil tindak kejahatan berlangsung singkat, dan dilanjutkan dengan penanda tanganan Nota Kesepakatan, ditutup dengan santap siang bersama. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *