200 Warga Binaan Rutan Pelaihari Negatif Narkoba

Banjarmasin, terasnews.id – Sebanyak 200 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pelaihari, Kalimantan Selatan, dinyatakan oleh Satgas Kamtib Kemenkumham Kalsel negatif narkoba.
“Baik yang masih berstatus tahanan kasus narkoba maupun narapidana kasus narkoba, tidak ada yang positif menggunakan narkoba,” kata Kepala Bidang Keamanan, Kesehatan, Perawatan Narapidana/Tahanan dan Pengelolaan Basan dan Baran (Kabid Kamkeswatlolabasanbaran) Samsul Arifin di Pelaihari, Sabtu.
Tes urine, kata dia, digelar secara mendadak usai pengarahan dari Samsul Arifin kepada jajaran petugas Rutan Pelaihari.
Tak hanya tes urine untuk mengetahui keterlibatan narkoba dari warga binaan, Tim Satuan Petugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Kemenkumham Kalsel juga  melakukan penggeledahan di blok A, B, C, dan Blok Wanita dengan menurunkan 113 personel.

Samsul pun mengapresiasi terhadap pengamanan, perawatan napi, dan tahanan di Rutan Pelaihari terkait dengan hasil penggeledahan Satgas Kamtib yang tidak menemukan barang-barang yang dilarang, seperti narkoba, ponsel, dan senjata tajam.
“Petugas hanya menemukan barang yang tidak semestinya ada di dalam rutan dan juga tidak terlalu membahayakan, seperti korek api, baterai, headset, gunting kuku, dan obat elergi merek Dexamitazone,” bebernya.
Sementara itu, Plh. Karutan Pelaihari Agus Sarwoko merasa terbantu dan berterima kasih kepada rekan-rekan dan pimpinan dari Kanwil Kemenkumham Kalsel yang telah memperhatikan situasi dan kondisi rutan yang dianggap steril.
“Saya komitmen untuk terus menjaga, merawat, menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan solid dalam bekerja,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 3 =